Sunday, December 21, 2008

SUMPIT BIKIN SAKIT!

Mudah2an mereka senang... biasa kalo papanya pulang hampir tiap hari diajakin jalan-jalan, dan otomatis jadi wisata kuliner deh. Meskipun 'off' papanya kali ini kita gak sesering biasanya pergi jalan, yaaaa diselang-seling gitu deee, tapi anak-anak puaaasss banget kayaknya. Dapet aja main-main persotan tiap pergi ke beberapa tempat. Kalo udah liat papan perosotan giraaaangnyaaaa...minta ampun! Langsung deh mereka teriak 'pototaaaan!!' trus berebut lari tunggang langgang ke arah tempat bermain itu.

Tapi kemarin agak naas buat Rafi. Kita berempat jalan-jalan ke PIM, enaknya disitu hampir di tiap sudutnya ada perosotan. Tapi repot juga, tiap jalan dikit liat perosotan, mampiiir dulu deh. Sebenarnya tragedi justru tidak terjadi di arena bermain. Kita berempat janjian sama pakdenya anak2, 'pakde Harry dan bude Nana'. Trus pas kita makan di salah satu tempat makan di sana, biasalah anak2 gak betah duduk manis lama-lama, setelah disuapin dan mereka merasa udah kenyang ya main-main deh. Saya ngeliatin sesekali dari tempat duduk, karena Rafi udah terlalu jauh dan hampir keluar dari ZEE, saya suruh Rasyid manggil dia. Rasyid yang gampang nurut kalo disuruh langsung ngerjain tugasnya 'Afii...cini Afii..jangan jauh-jauuuh...' trus dia kembali ke saya sambil menatap dengan tatapan harap akan kata terimakasih karena dia udah ngejalanin tugasnya. Saya kabulkan harapannya 'pintar Asyid...tapi Afi nya dak mau datang yaa? Panggil lagi nak bilang Afi dipanggil bunda', dia balik menuju Rafi dan seperti menggiring tangannya memegang pundak Rafi sambil sedikit mendorongnya ke arah saya duduk. Tapiii bukan Rafi namanya kalo bisa diam. Anak ini emang super aktif, diamnya kalo bobo aja, itupun masih bergerak-gerak lasak juga. Sebenarnya mereka berdua sama aktifnya, tapi Rafi setingkat lebih aktif daripada Rasyid...mmmm...mungkin setengah tingkat kali yaa..

Rasyid hampir berhasil mengarahkan Rafi ke dekat saya, tapi ya teteeep meskipun Rasyid sudah bersusah payah memanggil saudaranya, si Rafi tetep melengos kesana kemari. Karena saya ingin mencoba makanan yang ada di depan mata dan ikutan ngobrol juga sama pakde, bude n papanya anak2, mata saya gak lagi tertuju ke arah mereka, mereka juga lagi sibuk di dekat kaca etalase tempat makan itu, dan tdak terlalu jauh dari jangkauan mata saya, tapi saya gak sadar kalo dari tadi Rafi kesana kemari sambil memegang sumpit. Gak lama kemudian saya dengar teriakan kesakitan Rafi, khas banget, langsung memecah ruang tempat makan itu yang sebenarnya penuh pengunjung tapi tidak berisik. Saya jantungan...benar-benar kaget, dan langsung loncat menghampiri Rafi, diapun langsung lari ke arah saya minta digendong dan merintih kesakitan 'cakiit budaaa...' saya lihat sebelum dia menuju ke arah saya sumpit terjatuh dari dekat dia...'ya Allah...sumpit ni kayaknya penyebabnya..' batin saya.

Setelah saya gendong dan kembali ke tempat duduk saya perhatikan bagian mulutnya, sepenglihatan saya tidak ada luka di gusi, giginya juga gak kenapa-kenapa, lidahnya...mmm...kok kayak ada bercak darah, tapi sedikit, saya pikir mungkin sumpit tadi menusuk bagian lidahnya, tapi tidak dalam, sama sekali tidak ada bekas hanya bercak darah. Tangis Rafi gak berenti2 juga, biasanya itu serius, anak2 ini gak biasa nangis lama2 kecuali emang benar2 sakit. Karena dia mengeluh terus akhirnya saya kembali melihat mulut Rafi dibantu papanya, kali ini pake penerangan dari hp papa...ya Allah...ternyata bagian langit2 sebelah kiri agak jauuuh ke dalam dekat dengan tonsil yang tertusuk, ada bekas tusukan sumpit disitu, dan luka, mungkin darah dari bekas luka itu tadi yang menempel pada lidahnya, untungnya tidak terlalu dalam bekas tusukannya. Duhh...saya sebenarnya panik, takut ada apa-apa sama Rafi...saya ingat obat semacam paracetamol yang pernah dianjurin dokter waktu Rafi patah gigi dulu (iyaaa...Rafi emang paling banyak pengalaman soal luka dan sakit). Obat itu selain berfungsi menurunkan demam, juga bisa mengurangi rasa nyeri.

Akhirnya kita berempat undur diri dan lebih dulu meninggalkan tempat makan itu, pakde sama bude masih disitu menyelesaikan makanannya. Sambil menggendong Rafi saya, Rasyid dan papa tergopoh-gopoh mencari tempat yang menjual obat2an. Akhirnya kita melihat ada tempat bertanda 'healthcare' namanya 'watson' disitu dijual obat-obatan dan barang2 kebutuhan keluarga. Alhamdulillah yang dicari ada, dan langsung saya kasih ke Rafi saat itu juga...dia masih mengeluh, tapi sudah tidak menangis.

Alhamdulillah, tidak lama setelah minum obat itu Rafi gak mengeluh lagi...bahkan tadi sempat-sempatnya anak2 ngobrol bareng ibu2 yang di bagian kasir yang akhirnya tahu knapa saya membeli obat itu. Trus mereka berdua saling bertukar informasi 'kayo udah gede boyeh main cupit, kayo udah keciy dak boyeeeh' kata Rasyid, saya mengoreksi sedikit 'kalo masih kecil gak boleh dulu yaaa...bahaya nanti ketusuk kaya Rafi tadi..'.

Yaaahhh dasar anak2 biar sakit cepat aja lupanya apalagi udah ngliat mainan, gak jauh dari 'watson' tadi ada papan perosotan lagi...dan mereka lagi2 lari2 menyerbu ke sana...'wuiiiii pototan..pototaaan!!!' dan kembali bermain-main...

2 comments:

Diana Saib said...

anak ajaib!

None said...

huahahahhahaa, gitu toh ceritanya..=)))